Admin Blog

Foto saya
sukoharjo, jawa tengah, Indonesia
pendiam bukan berarti sombong itu lah aku.hehe follow dong blog ini dan jangan lupa komentar dan kritiknya. makasih ya semua..

Sabtu, 18 Desember 2010

Semifinal, Langkah Baru Mulai AFF


Semifinal, Langkah Baru Mulai
Euforia tengah menyelimuti Timnas Indoensia setelah sukses melangkah ke semifinal Piala AFF 2010. Kemenangan telak saat melawan Malaysia dan Laos membuat penonton sepakbola Indonesia mempunyai harapan baru. Menjadi juara piala AFF 2010.
Padahal, langkah Firman Utina dan kawan-kawan justru baru dimulai setelah lolos ke semifinal. Melangkah ke babak semifinal Piala AFF adalah hal yang biasa bagi timnas Indonesia. Tim Merah Putih hanya sekali gagal menembus semifinal Piala AFF yakni pada tahun 2007. Saat itu Indonesia kalah produktivitas gol dari Singapura dan Vietnam

Selebihnya Indonesia hampir selalu melangkah ke babak empat besar dengan mudah. Salah satu kemenangan fenomenal Indonesia  pada Grup A Piala AFF 2002, saat itu Bambang Pamungkas dan kawan-kawan menang 13-1 atas Filipina.

Namun, timnas Indonesia selalu kesulitan jika mulai berlaga di babak semifinal dan final. Pada semifinal Piala AFF 1996 Indonesia takluk 1-3 dari Malaysia, 1998 tumbang di semifinal 1-2 dari Singapura sedangkan pada Piala AFF 2008 Indonesia kalah agregat 3-1 di semifinal dari Thailand. Dari tujuh kali Piala AFF digelar, Indonesia belum pernah menjaid juara. Tiga kali diraih Singapura, Thailand tiga kali  dan terakir, tahun 2008 diraih Vietnam.

Statistik di atas membuktikan jalan terjal Indonesia justru baru akan dimulai usai memastikan satu tiket ke babak semifinal Piala AFF 2010. 

Pelatih Alfred Riedl sadar meski timnas Indonesia sukses di dua laga awal Grup A, namun langkah untuk menjadi juara turnamen yang dulunya disebut Piala Tiger ini masih cukup berat. Untuk itu pelatih asal Austria tersebut ingin menjaga momentum dan konsistensi timnya.

Meraih poin 6 dan berhasil memasukkan 11 gol pada dua laga penyisihan grup tak membuat Alfred lantas gembira. Fakta saat ini, tim asuhannya belum menjuarai apapun. Kemenangan dua kali berturut-turut justru membuat tantangan ke depan makin besar. Apalagi di semifinal lawan-lawan diperkirakan cukup berat.
Calon lawan Indonesia dari Grup B hingga kini belum diketahui. Tiga negara, Vietnam, Filipina dan Singapura mempunyai kesempatan sama, setelah pertandingan Minggu sore, 5 Desember, Filipina secara mengejutkan mengalahkan juara bertahan Vietnam 2-0. Dan Singapura berhasil menekuk Myanmar 2-1.
Hasil tersebut membuat Filipina sementara memimpin Grup B dengan mengumpulkan 4 poin. Disusul Singapura yang mengantongi 4 poin, namun kalah di selisih gol. Tuan rumah Vietnam peringkat tiga dan Myanmar dipastikan tersisih setelah dua kali kalah.
Siapapun runner up Grup B yang akan menjadi lawan Indonesia, merupakan tim yang bagus dan layak juara. Pertandingan hidup mati untuk menuju juara, baru dimulai.
• VIVAnews

4 komentar:

  1. utuk sementara timnas unggul dari Filiphina. selanjutnya tunggu aja minggu sore:}}}

    BalasHapus
  2. yups di tunggu ae mas nanti sore...
    semangat wat indonesia ;-)

    BalasHapus
  3. Babak 1
    1-0 Timnas vs Philipina

    BalasHapus

Hai Teman-Teman..
Ada Bisnis Investasi Online Menarik Nih. !!
Penasaran... Langsung Email di tutikra.1986@gmail.com
Matur Nuwun